Senin , Januari 27 2020
Home / Headline / Dua Tugu Ini Dibongkar, Bupati Fakfak Atensikan Perbaikan Taman “Satu Tungku Tiga Batu”

Dua Tugu Ini Dibongkar, Bupati Fakfak Atensikan Perbaikan Taman “Satu Tungku Tiga Batu”

Mataradar.com / Fakfak – Bupati Fakfak Mohammad Uswanas memberikan atensi kepada Wakil Bupati Fakfak Abraham Sopaheluwakan pada upacara HUT Kota Fakfak Ke – 119 Tahun (16 November 2019) kemarin,

Atensi yang disampaikan saat dia memimpin apel HUT Kota Fakfak tersebut kepada Wakil Bupati berupa pembongkaran patung yang berlokasi disamping RSUD Fakfak, tugu depan SPK dan perbaikan taman Satu Tungku Tiga Batu.

“Saya perintahkan pak wakil bupati koordinasi baik juga dengan instansi terkait untuk patung yang ada diujung rumah sakit itu dibubarkan (dibongkar,red), bangun Pala yang besar disitu,”tegas Bupati.

Dia selanjutnya, memerintahkan Wakil Bupati Fakfak untuk berkoordinasi dengan instansi terkait selain membangun Patung Pala di samping RSUD Fakfak juga Patung “WENDI” Patung Wendi itu akan dibangun di bekas tuguh Adipura depan Kampus Akper Fakfak.

“Bekas patung yang menuju rumah bupati, bapak wakil bupati saya perintahkan bikin patung Wendi besar disitu, sebagai penghormatan budaya orang Fakfak,”pinta Bupati.

WENDI berbentuk anting-anting perempuan, Wendi dianggap penting bagi masyarakat asli Fakfak, yang memiliki kekuatuan penghargaan penting. Cetus Bupati Fakfak yang juga Ketua DPD Golkar Kabupaten Fakfak.

Ikon Kota Fakfak “Satu Tungku Tiga Batu” yang terletak di Pantai Kota Fakfak ini melambangkan Agama keluarga yakni, Islam, Kristen Protestan dan Kristen Katolik, yang mana satu rumah berbeda agama, yang selalu hidup rukun dan damai.

Namun, ikon Satu Tiga Batu ini telah dirusakkan saat kerusuhan 21 Agustus 2019. Terkait hal itu Bupati Fakfak memerintahkan segera Ikon Kota Fakfak ini diperbaiki.

“Saya perintahkan bapak wakil bupati untuk segera koordinasi dengan instansi terkait untuk segera perbaikan tuguh Satu Tungku Tiga Batu,” Tunjuk Bupati Fakfak, (ret)

Check Also

Bakal Calon Bupati Fakfak Drs Ec. Solaeman Uswanas, M.Si dan Bakal Calon Wakil Bupati Fakfak Hermanus Kerryanto Foto (Rustam Rettob/mataradar.com)

Pasangan “SUCI” Deklarasi Adat Direstui Raja Fatagar Untuk Maju Calon Bupati dan Wakil Bupati Fakfak

Mataradar.com / Fakfak – Satu lagi pasangan Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *