Senin , Januari 13 2020
Home / Pemerintahan / Kodim 1803/Fakfak Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan, Ada Hadiah Unik Memprihatinkan.

Kodim 1803/Fakfak Gelar Lomba Kebersihan Lingkungan, Ada Hadiah Unik Memprihatinkan.

Mataradar.com / Fakfak – Komando Distrik Militer (Kodim) 1803/Fakfak menggelar lomba kebersihan lingkungan di perumahan Asrama Kodim Jalan M. Yamin Kelurahan Fakfak Utara, dan Jalan Yosudarso Kelurahan Wagom Kabupaten Fakfak sejak Jumat (5/1) pagi kemarin.

Lomba tersebut meliputi 4 aspek penilaian yaitu Kebersihan, Kerapian, Keindahan, dan Kreatifitas/Inovasi,

Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf. Yatiman melalui prees releasinya kepada media ini menjelaskan bahwa lomba kebersihan lingkungan secara internal bertujuan, menciptakan lingkungan yg nyaman, bersih, rapi dan indah,

Ditambahkan lebih lanjut, lomba tersebut untuk memelihara dan merawat pangkalan sebagai asrama tempat tinggal sehingga tetap terawat dgn baik, serta mewujudkan konsistensi dan upaya memberi contoh budaya hidup bersih lingkungan masyarakat sekitar asrama.

Aspek-aspek yang menjadi kriteria penilaian yaitu Kebersihan lingkungan dalam dan luar rumah, halaman yang bersih, tempat-tempat penampungan air yang tertutup untuk menghindari perkembang biakan nyamuk, sanitasi dan pembuangan limbah rumah tangga.

Kerapian meliputi penataan dan penempatan perabotan yang sesuai, susunan tanaman berupa pot-pot bunga yang teratur, penempatan rak-rak sepatu dengan benar. Keindahan meliputi pemberian warna cat sesuai dengan aturan warna, penyusunan dan tata letak yang sesuai.

Kreatifitas dan Inovasi yang mencakup cara untuk memperindah rumah dengan hiasan atau cat-cat agar memberikan kesan asri, teratur, indah dan nyaman bagi penghuni rumah. Pengumuman pemenang akan diumumkan kemudian.

Dandim 1803/Fakfak Letkol Inf. Yatiman, A.Md mengatakan, lomba kebersihan ini bertujuan untuk menciptakan perilaku hidup bersih dan sehat yang dimulai dari rumah dan lingkungan sendiri khususnya di lingkungan perumahan Asrama Kodim 1803/Fakfak.

“Lingkungan yang bersih agar tetap dipertahankan agar tercipta kehidupan yang sehat, terhindar dari penyakit yang berasal dari lingkungan yang kotor dan sampah yang berserakan, memberikan contoh bagi masyarakat di sekitar lingkungan Asrama Kodim Wagom maupun Asrama Makodim 1803/Fakfak untuk tercipta budaya kebersihan,”ujar Dandim di Makodim 1803/Fakfak.

Dari berbagai criteria lomba yang dilakukan sejaka jumat, (5/1) kemarin, Dandim pastikan akan memberikan hadiah terbaik dengan kategori Juara I, II, dan Juara III,

Uniknya, bagi lingkungan yang dianggap tidak meraih Juara alias lingkungan terkotor maka akan mendapat Bendera Hitam sebagai lambang lingkungan yg terkotor/tidak dipelihara, Tegas Dandim 1803/Fakfak,

“Lomba akan diumumkan hari ini senin utk diambil juara 1,2 dan 3 dan yg terkotor akan mendapat Bendera Hitam sebagai lambang lingkungan yg terkotor/tidak dipelihara”, Tegas Dandim 1803/Fakfak, Letkol. Inf. Yatiman. (ret)

Check Also

Kepala BKPM – RI Tak Permasalahkan Investor China Berinvestasi di Indonesia, Termasuk Fakfak

Mataradar.com / Fakfak – Pentingnya investor dalam sebuah negara dan juga daerah, di negara-negara maju ...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *