April 21, 2024
7 Langkah Memilih Engagement Ring Terbaik

Engagement atau pertunangan merupakan salah satu momen paling bahagia dalam perjalanan cinta pria dan wanita. Agar momen tersebut semakin berkesan, Anda perlu memilih engagement ring atau cincin tunangan terbaik. Ada beberapa hal yang perlu Anda lakukan untuk mendapatkan cincin tunangan terbaik. Apa saja? Simak artikel ini sampai selesai, ya!

7 Langkah Memilih Engagement Ring Terbaik

Langsung saja, berikut ini adalah langkah-langkah dalam memilih cincin tunangan:

1. Set Anggaran yang Realistis

Langkah awal yang perlu Anda lakukan adalah menentukan anggaran atau budget untuk membeli cincin tunangan. Meskipun tampak mudah, namun sebenarnya cukup sulit karena Anda harus mempertimbangkan banyak hal. Semua orang pasti menginginkan cincin tunangan terbaik. Namun Anda tetap harus realistis. Setelah pertunangan, Anda masih harus membeli cincin nikah. Jadi, pastikan budget-nya realistis yaitu tidak lebih dari 30% total budget.

2. Pahami Material Cincin Tunangan

Cincin tunangan menggunakan material yang sangat beragam. Material ini sangat berpengaruh pada kualitas dan ketahanan cincin yang Anda beli. Oleh sebab itu, pahami dan pelajari material cincin tunangan sebelum membeli. Anda harus mengetahui perbedaan antara emas putih, emas kuning, rose gold, dan platinum. Keempat logam tersebut adalah logam yang paling sering dipakai untuk membuat cincin tunangan.

3. Pilih Model dan Ukuran yang Tepat

Langkah memilih engagement ring atau cincin tunangan selanjutnya adalah memilih model dan ukuran yang tepat. Ada banyak sekali model cincin tunangan. Mulai dari model simple dan minimalis sampai dengan model yang megah dan mewah. Model cincin tunangan yang paling banyak dipilih pasangan adalah cincin solitaire, three stone, dan juga halo. Ketiga model tersebut dihiasi oleh berlian sehingga tampak sangat indah.

4. Pahami 4C Pada Berlian

Tertarik membeli cincin tunangan yang menggunakan berlian? Maka, Anda wajib memahami apa itu kualitas 4C. Pada perhiasan berlian, memang ada yang namanya kualitas 4C. Kualitas tersebut terdiri dari color atau warna, clarity atau kejernihan, cut atau potongan, dan carat weight atau berat karat. Pahami satu per satu kualitas 4C tersebut agar bisa membedakan cincin berkualitas. Hal terpenting dari faktor 4C tersebut adalah cut karena berpengaruh pada keindahan dan kilau berlian.

5. Pertimbangkan Desain yang Personal

Tidak sedikit pasangan yang menginginkan tampil berbeda dari pasangan lain. Anda bisa mempertimbangkan desain yang personal jika ingin tampil anti-mainstream. Beberapa ide unik untuk tampil berbeda yaitu menambahkan tanggal lahir, nama pasangan masing-masing, dan lain sebagainya.

6. Pilih Cincin yang Mewakili Anda dan Pasangan

Cincin tunangan menjadi komitmen seumur hidup antara pria dan wanita. Jadi, sebaiknya cincin tersebut dapat mewakili Anda dan pasangan. Biasanya, orang-orang memilih batu permata sesuai dengan bulan lahir untuk menggambarkan diri masing-masing.

7. Cek Reputasi Brand

Terakhir, Anda perlu mempertimbangkan brand saat memilih cincin tunangan. Pastikan brand yang Anda pilih memiliki reputasi baik. Selain memberikan sertifikat keaslian perhiasan, Anda juga harus mencari brand yang memiliki banyak butik. Jadi, Anda bisa melakukan pembelian dengan datang langsung ke butik terdekat.

Itulah langkah-langkah memilih engagement ring atau cincin tunangan terbaik. Brand MONDIAL Jeweler menawarkan banyak pilihan cincin tunangan untuk pria maupun wanita. Salah satu rekomendasinya yaitu cincin dengan konsep #ImDifferent yang membuat pertunangan Anda beda dari yang lainnya. Anda bisa melihat koleksi-koleksi lainnya dari MONDIAL Jeweler dengan mengunjungi butik terdekat. Atau, Anda juga bisa melihatnya di website atau Instagram MONDIAL.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *