Juni 25, 2024
ITSK RS dr. Soepraoen Malang, Mengukir Sejarah sebagai Kampus Kesehatan Terdepan

Pendidikan kesehatan merupakan aspek penting dalam memenuhi kebutuhan akan tenaga profesional di bidang kesehatan. Di Kota Malang, terdapat sebuah institusi pendidikan tinggi yang telah menorehkan sejarah sebagai kampus kesehatan pertama di Kota Malang, yaitu Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan (ITSK) RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang.

Sejarah berdirinya ITSK RS dr. Soepraoen tidak lepas dari keberadaan Rumkit Tk.II dr. Soepraoen sebagai institusi kesehatan Angkatan Darat yang pernah menyelenggarakan pendidikan tenaga kesehatan untuk memenuhi kebutuhan personel di lingkungan Angkatan Darat dan masyarakat. Rumkit Tk.II dr. Soepraoen telah menyelenggarakan berbagai jenis pendidikan paramedis dan menghasilkan ribuan lulusan sejak tahun-tahun awal berdirinya.

Pada tahun 2020, ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang mendapatkan izin perubahan bentuk dari Politeknik Kesehatan menjadi Institut Teknologi, Sains, dan Kesehatan RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw di Kota Malang, Provinsi Jawa Timur. Perubahan ini merupakan langkah penting dalam meningkatkan mutu pendidikan kesehatan yang diselenggarakan oleh yayasan Wahana Bhakti Karya Husada.

ITSK RS dr. Soepraoen Malang, Mengukir Sejarah sebagai Kampus Kesehatan Terdepan

ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang berperan sebagai lembaga pendidikan tinggi yang menghasilkan lulusan akademik dan vokasi di bidang kesehatan. Lulusan akademik diperuntukkan bagi mereka yang ingin menjadi profesional akademik sarjana, sedangkan lulusan vokasi akan menjadi tenaga kesehatan profesional sarjana pemula dan terapan. Dengan demikian, ITSK RS dr. Soepraoen berperan penting dalam memenuhi kebutuhan sumber daya manusia di bidang kesehatan, baik di masyarakat maupun di lingkungan TNI AD.

Pejabat pimpinan ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang telah melalui berbagai periode kepemimpinan, yang melibatkan tokoh-tokoh dengan latar belakang yang kuat di bidang kesehatan. Setiap pemimpin memiliki peran penting dalam pengembangan institusi ini, mengawal proses pendidikan yang berkualitas dan inovatif.

Lokasi ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang berada di Jl. Sodanco Supriadi No. 22 Malang, yang merupakan satu lokasi dengan Rumkit Tk.II dr. Soepraoen. Kedekatan antara kampus dengan rumah sakit ini memberikan kemudahan bagi mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman praktis dan penelitian yang lebih baik. Selain itu, ITSK RS dr. Soepraoen juga menjalin kerjasama dengan berbagai lembaga kesehatan di sekitar Kota Malang, seperti RSU Dr. Saiful Anwar Malang, RSUD Kota Blitar, RSUD Kabupaten Malang, dan banyak lagi. Hal ini memungkinkan mahasiswa untuk melaksanakan praktik di berbagai fasilitas kesehatan terkemuka, membantu mereka mengembangkan keterampilan dan pengetahuan yang relevan dengan dunia nyata.

ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan dengan membangun gedung kampus baru dan asrama mahasiswa yang terletak di dekat Rumkit Tk.II dr. Soepraoen. Upaya ini bertujuan untuk memberikan fasilitas yang lebih baik kepada mahasiswa agar dapat mengoptimalkan proses pembelajaran mereka.

Sebagai lembaga pendidikan kesehatan terdepan, ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang juga menjalin kerjasama dengan berbagai institusi dan pihak terkait dalam rangka pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi di bidang kesehatan. Hal ini bertujuan untuk memastikan bahwa lulusan ITSK RS dr. Soepraoen mampu bersaing dan memberikan kontribusi yang signifikan dalam meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia.

Dengan sejarah panjangnya sebagai kampus kesehatan pertama di Kota Malang, ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang terus berkomitmen untuk memberikan pendidikan kesehatan berkualitas, menghasilkan lulusan yang kompeten, serta berkontribusi nyata dalam pembangunan sistem kesehatan nasional. Melalui perjalanan yang penuh dedikasi dan inovasi, ITSK RS dr. Soepraoen Kesdam V/Brw Malang siap menghadapi tantangan masa depan dalam memenuhi tuntutan akan tenaga kesehatan yang berkualitas dan profesional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *