Juli 13, 2024
Mengenal Perbedaan Asuransi Kesehatan Rawat Inap Dan Rawat Jalan, Jangan Salah Pilih!

Gaya hidup sehat harus diterapkan jika Anda ingin terhindar dari penyakit, namun tetap harus punya proteksi untuk antisipasi hal-hal yang tidak diinginkan. Apalagi sebenarnya datangnya penyakit ini juga tidak dapat diprediksi kapan waktunya. Paling tidak harus mulai mempersiapkan financial atau keuangan terlebih dahulu, diantaranya bisa dengan memakai asuransi kesehatan, baik itu asuransi kesehatan rawat inap maupun rawat jalan.

Asuransi kesehatan sama pentingnya seperti tabungan serta dana darurat, ia hadir untuk melengkapi produk keuangan yang sudah Anda miliki sebelumnya. Karena pasti akan sangat dibutuhkan di masa depan. Apalagi datangnya penyakit memang tidak harus sekarang ini, bisa jadi nanti di masa depan dan juga beresiko untuk mengguncang kondisi keuangan. Sehingga proteksi ini memang jauh lebih penting dipersiapkan sedini mungkin agar tidak menyesal nantinya.

Produk asuransi kesehatan ini pada dasarnya hadir terbagi lagi atas beberapa jenis, diantaranya adalah asuransi kesehatan rawat inap, yaitu dikhususkan untuk memproteksi pemegang polis dari resiko biaya pengobatan yang timbul ketika sakit da membutuhkan rawat inap. Serta ada asuransi rawat jalan yang fokusnya untuk biaya pengobatan tanpa harus menginap di rumah sakit. Lalu apa yang membedakan diantara keduanya?, berikut ini yang harus diketahui, yaitu :

Mengenal Perbedaan Asuransi Kesehatan Rawat Inap Dan Rawat Jalan, Jangan Salah Pilih!

Mengenal Perbedaan Asuransi Kesehatan Rawat Inap Dan Rawat Jalan, Jangan Salah Pilih!

 

1. Perlindungan yang diberikan oleh asuransi, perbedaan yang pertama adalah kapan nantinya produk asuransi tersebut akan memberikan proteksi kepada nasabahnya. Untuk asuransi rawat jalan sendiri secara jelas perlindungan atau proteksi akan diberikan saat nasabah tersebut sakit dan harus berobat, namun pengobatannya tanpa harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Sebaliknya produk asuransi yang ditujukan untuk rawat inap sendiri nantinya akan memberikan proteksi ketika tertanggung sakit dan membutuhkan perawatan inap di rumah sakit.

2. Lokasi perawatan, tentu sesuai dengan namanya kedua asuransi tersebut bisa digunakan untuk lokasi perawatan yang berbeda, pada produk rawat inap maka hanya bisa dipakai untuk membiayai pengobatan ketika pasien atau tertanggung harus menjalani pengobatan lebih dari semalam di rumah sakit. Namun jika seandainya pengobatannya hanya periksa dan pasien diizinkan untuk pulang ke rumah artinya ini rawat jalan.

3. Nilai pertanggungan, besarnya biaya yang ditanggung oleh asuransi tersebut sudah pasti berbeda-beda, karena memang rawat inap ini mencakup banyak aspek berobat seperti biaya kamar, biaya dokter, obat, biaya makan dan sejenisnya. Maka tidak heran jika seandainya nilai pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi juga relatif lebih besar, jika dibandingkan dengan jenis asuransi rawat jalan. Sedangkan rawat jalan sendiri biasanya hanya terbatas pada biaya konsultasi dokter, obat maupun juga lab.

4. Fleksibilitas dalam memilih manfaat, asuransi di zaman sekarang ini memang sudah memberikan fleksibilitas bagi nasabah dalam memilih manfaat perlindungan apa saja yang dibutuhkan, termasuk diantaranya adalah pada jenis asuransi rawat jalan ini. Sedangkan sejauh ini untuk kategori rawat inap belum banyak yang menerapkan fleksibilitas tersebut. karena kebanyakan cakupan perlindungannya sudah pasti.

 

Sebenarnya baik itu asuransi kesehatan rawat inap maupun rawat jalan penting untuk dimiliki, namun terkadang untuk membeli semua produknya dibutuhkan budget yang tidak sedikit. Jadi bisa pikir-pikir kembali jika ingin membeli produk tersebut. Namun hidup akan jauh lebih tenang ketika Anda sudah terlindungi dengan asuransi. Percayakan proteksi Anda hanya kepada perusahaan yang terjamin kualitasnya seperti dari I Love Life Astra, perusahaan asuransi terbaik yang ada di Indonesia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *