April 21, 2024
Pastikan Hal Ini Sebelum Membeli Asuransi Jiwa Syariah

Banyak orang yang masih ragu menggunakan asuransi dengan alasan produknya yang belum terjamin halal. Padahal sekarang ini sudah ada produk asuransi yang berbasis syariah, termasuk diantaranya adalah asuransi jiwa syariah yang menawarkan proteksi atas masalah keuangan yang disebabkan oleh kematian, pastinya secara halal, bebas dari unsur riba. Produk tersebut hadir sebagai solusi untuk para muslim yang masih ragu ingin berasuransi.

Faktanya sendiri ketidakpastian dalam hidup membuat masyarakat harus ekstra selektif dalam menyimpan uang mereka, sehingga tidak akan termakan oleh arus inflasi. Musibah terbesar yang kerab kali memicu masalah keuangan dalam rumah tangga adalah ketika pencari nafkah atau tulang punggung keluarga tiba-tiba meninggal dunia. Hal ini otomatis akan menggoncang kondisi financial, mulai dari biaya kebutuhan hidup hingga pendidikan anak akan ikut terganggu karena tidak ada income yang masuk.

Jika Anda sayang kepada keluarga maka siapkan masa depan terbaik salah satunya adalah memakai asuransi jiwa, jadi kelak ketika tertanggung meninggal dunia, maka keluarga akan mendapatkan uang asuransi, dimana jumlahnya besar bisa mencapai milyaran rupiah. Namun sebelum membeli asuransi jiwa syariah , pastikan dulu beberapa hal ini, yaitu :

  1. Pastikan perusahaan yang dipilih benar-benar amanah, perusahaan penerbit asuransi yang ada di Indonesia ada banyak. Namun apakah semuanya bagus? tentu tidak. Banyak perusahaan asuransi yang justru bermasalah, sebut saja beberapa perusahaan asuransi yang jatuh bangkrut beberapa waktu terakhir akibat pandemi sehingga tidak bisa membayarkan kewajiban kepada nasabah mereka, padahal sudah aktif bayar premi, namun manfaat proteksi tidak juga didapatkan. Begitu juga dengan perusahaan asuransi yang mempersulit proses klaim nasabah karena kondisi keuangannya yang tidak sehat, sehingga tidak sanggup membayar kewajiban kepada nasabahnya. Hal ini bisa saja terjadi kepada Anda jika seandainya memilih perusahaan penerbit asuransi yang salah.
  2. Benar-benar menjamin produknya halal, ada banyak perusahaan asuransi yang menawarkan produk syariah, namun tidak benar-benar syariah, artinya hanya istilah saja untuk menggaet banyak nasabah. Inilah yang paling ditakuti karena berkedok syariah namun sebenarnya produk keuangan tersebut tidak halal. Untuk itu yang paling penting cek apakah benar-benar diawasi oleh Lembaga Penjamin Simpanan ataukah belum, jangan asal namanya saja yang syariah, namun masih memakai prinsip kerja asuransi konvensional.
  3. Nilai pertanggungjawaban sesuai dengan kebutuhan, agar mendapatkan jumlah uang pertanggungjawaban yang sesuai, maka lakukan perhitungan, proyeksi kebutuhan di masa mendatang. Hal ini sangatlah penting karena percuma punya asuransi, namun jumlah pertanggung jawabannya kurang atau tidak bisa mencukupi kebutuhan di masa depan, keluarga juga yang nantinya akan susah. Sehingga pastikan Anda hitung secara teliti angka kebutuhan di masa depan, agar mendapatkan yang sesuai.
  4. Kondisi keuangan mampu, evaluasi juga keuangan Anda apakah benar-benar mampu dipakai untuk membayar premi asuransi atau tidak. Jika seandainya keuangan saja masih belum mampu maka jangan memaksakan diri berasuransi, pada akhirnya hanya akan rugi, karena peserta wajib membayar premi asuransi secara rutin setiap bulan, jika tidak maka polis akan dinonaktifkan, sehingga manfaat juga tidak bisa didapatkan. Hendaknya asuransi tidak memakan lebih dari 30 persen porsi income Anda.
  5. Sudah mengecek simulasinya, tak hanya kredit yang punya kalkulator simulasi, melainkan juga asuransi, asuransi ini dibekali dengan kalkulator atau simulasi dengan tujuan untuk mempermudah masyarakat yang ingin melihat serta membandingkan antara nilai manfaat atau pertanggungjawaban yang didapatkan dari asuransi sekaligus juga premi yang dibayarkan, jadi keduanya harus sesuai jika manfaat besar maka preminya juga bertambah mahal. Cek terlebih dahulu agar tidak merasa dirugikan.

Pilih asuransi jiwa syariah digital juga ada, yaitu dari I Love Life. Jenis asuransi jiwa digital menawarkan fasilitas pembelian sampai dengan klaim secara online, Flexi Life Syariah dari Astra ini juga menawarkan manfaat pertanggungjawaban yang tidak main-main, karena mencapai 2 miliar rupiah. Tentunya dengan nilai manfaat yang besar tersebut bisa dipakai sebagai warisan kepada anak-anak. Jangan tunda nanti, karena ajal sendiri datang menjemput tanpa tahu kapan waktunya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *