April 21, 2024
Pencak Silat - Olahraga Tradisional Asal Indonesia!

Hadirnya alat fitness dari MG Sports dan Music tentunya akan semakin memudahkanmu ketika berolahraga. Soalnya, tinggal membeli alat fitness-nya, kamu pun bisa berolahraga di dalam rumah. Atau, jika tidak punya, maka bisa langsung pergi ke tempat fitness dan nanti dibimbing oleh personal trainer. Jadinya, tubuhmu semakin sehat tanpa perlu kepanasan.

Nah, bicara soal olahraga, tahukah kamu, kalau Indonesia ternyata punya olahraga tradisional yang tidak kalah terkenal dengan olahraga modern seperti fitness, loh. Salah satu olahraganya yaitu pencak silat. Pastinya kamu sudah tidak asing lagi dengan olahraganya mengingat pencak silat sudah sangat mendunia. Yuk, cari tahu tentang olahraganya di kelanjutan artikel ini!

Mengenal Sejarah Pencak Silat

Menurut ahli sejarah yang dikutip dari website Gramedia, pencak silat diperkirakan mulai menyebar di Indonesia sejak abad ke-7. Bermula dari keterampilan suku-suku asli Indonesia dalam melindungi diri pada saat berburu dan berperang. Mereka biasanya menggunakan tombak, perisai, dan parang serta menciptakan gerakan menirukan hewan seperti harimau, elang, kera, dan ular.

Penemuan ini juga sesuai dengan artefak senjata yang ditemukan pada zaman Hindu-Buddha. Artefak senjata tersebut dipenuhi dengan relief dan pahatan bergambarkan kuda-kuda seperti layaknya ketika melakukan gerakan pencak silat. Selain itu, gerakan pada pencak silat ini juga terdapat pada pahatan-pahatan relief di Candi Borobudur dan Candi Prambanan.

Barulah, sekitar abad ke-14 pencak silat mulai mengalami perkembangan yang sangat pesat bahkan sampai ke seluruh penjuru Nusantara. Pada masa itu, pencak silat dibawa dan dijadikan sebagai bahan untuk latihan spiritual di berbagai pondok pesantren. Lebih dari itu, seni bela diri ini juga mulai mendapatkan pengakuan dari masyarakat yang semakin berani melawan penjajah ketika menduduki Indonesia.

Aliran Pencak Silat di Indonesia

Di Indonesia sendiri terdapat beberapa aliran seni bela diri pencak silat yang wajib untuk diketahui, di antaranya:

  • Pencak Silat Perisai Diri
  • Pencak Silat Pagar Nusa
  • Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT)
  • Pencak Silat Cimande
  • Pencak Silat Merpati Putih
  • Pencak Silat Tapak Suci Putera Muhammadiyah

Tujuan Pencak Silat

Adapun beberapa tujuan dari pencak silat adalah sebagai berikut:

  • Membentuk masyarakat berpikir cerdas, berjiwa sehat, dan berprestasi dalam berbagai bidang.
  • Mendidik masyarakat untuk lebih berani membela keadilan dan kebenaran serta memiliki disiplin dan rasa tanggung jawab yang kuat.
  • Sebagai sarana penyaluran minat dan bakat, khususnya untuk orang-orang punya hobi olahraga terutama seni bela diri.
  • Mendidik generasi muda agar tidak terjerumus pergaulan bebas dan obat-obatan terlarang.

Setelah mengetahui sejarah panjang dari pencak silat, maka sebagai warga negara Indonesia kita patut untuk berbangga karena olahraga tradisional asal Indonesia ini terkenal sampai mancanegara, loh. Bahkan, ditetapkan sebagai salah satu Warisan Budaya Tak Benda oleh UNESCO tahun 2019 lalu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *