Juli 12, 2024
Pentingnya Melepas Aki Mobil Saat Tidak Dipakai

Melepas aki mobil saat tidak digunakan merupakan aspek penting yang sering diabaikan oleh banyak pemilik mobil. Akan tetapi, tindakan tersebut sebenarnya sangat penting supaya umur pakai aki bisa lebih panjang. Maka dari itu, dalam artikel ini akan dibahas beberapa alasan mengapa melepas aki mobil saat tidak dipakai merupakan langkah yang tepat.

Inilah Pentingnya Melepas Aki Mobil Saat Tidak Dipakai

Mencegah tumpahan elektrolit

Perlu anda ketahui bahwa aki mobil bisa mengalami tumpahan elektrolit apabila terlalu lama tidak dipakai. Hal ini disebabkan karena proses kimia di dalam aki yang masih berlangsung walaupun mobil tidak sedang digunakan. Dengan melepas aki dan menyimpannya di tempat yang aman akan dapat mengurangi risiko tumpahan elektrolit yang berpotensi merusak bagian-bagian mobil yang lain.

Memperpanjang umur pakai aki

Melepas aki ketika mobil tidak dipakai juga dapat membantu memperpanjang umur pakai aki. Ketika aki terhubung dengan mobil yang sedang tidak aktif dalam jangka waktu yang cukup lama, bisa menyebabkan terjadinya discharging (pengosongan) yang tidak diinginkan sebab ada beban listrik kecil yang terus mengalir di dalam mobil.

Aliran kecil tersebut yang berlangsung terus menerus bisa  daya aki terkuras secara bertahap hingga mempengaruhi kemampuan aki untuk mempertahankan muatan secara maksimal.

Menjaga performa listrik

Melepas aki juga memiliki manfaat untuk membantu performa sistem listrik mobil menjadi terjaga. Mengurangi risiko tumpahan elektrolit serta memperpanjang umur pakai aki berdampak positif penting yaitu memberikan keuntungan jangka panjang bagi mobil Anda, baik dilihat dari segi biaya perawatan ataupun kenyamanan penggunaannya.

Menghindari masalah start mobil

Aki yang sudah terlalu sering mengalami proses discharging tanpa diisi kembali secara berkala bisa memicu terjadinya penurunan performa mesin. Hal ini mengakibatkan mobil akan sulit di-start atau bahkan bisa menyebakan mobil tidak mau menyala sama sekali saat aki digunakan kembali setelah lama tidak digunakan.

Mengurangi risiko kebocoran

Aki yang tetap terpasang dalam mobil yang jarang digunakan memiliki risiko tersendiri, seperti potensi kebocoran asam atau korosi pada terminalnya. Kondisi lingkungan dalam ruang mesin, terlebih lagi saat mobil disimpan di tempat yang lembab atau panas, dapat mempercepat terjadinya masalah kebocoran ini.

Namun, dengan melepas aki dan menyimpannya di tempat yang sejuk dan kering ketika mobil tidak digunakan, anda bisa mengurangi risiko kerusakan yang disebabkan oleh lingkungan yang tidak ideal. Langkah sederhana ini dapat memastikan aki tetap dalam kondisi optimal. Selain itu, aki juga siap digunakan kembali saat diperlukan.

Mencegah kehabisan daya

Ketika mobil tidak digunakan dalam waktu yang yang lama, misalnya selama beberapa minggu atau bulan anda tidak menggunakannya, maka aki akan cenderung mengalami proses pelepasan muatan secara alami.

Meskipun dalam keadaan mati, aki masih terhubung dengan beberapa sistem elektronik yang membutuhkan sedikit daya. Jika mobil tidak digunakan, ini bisa menyebabkan aki kehabisan daya secara bertahap. Dengan melepas aki, anda dapat mencegah masalah ini terjadi dan anda bisa memastikan aki tetap dalam kondisi optimal sampai digunakan lagi.

Penutup

Dengan mengetahui pentingnya melapaskan aki ketika tidak digunakan dalam waktu yang lama anda bisa mengurangi dampak negative yang akan diakibatkannya. Jika Anda memerlukan tambahan dana dalam melakukan perawatan mobil atau penggantian aki, Anda bisa mempertimbangkan KKB Refinancing.

Program ini memungkinkan Anda untuk mengambil sebagian dari pembayaran yang telah anda lakukan pada Kredit Keren Banget (KKB) yang sedang berjalan, dengan menggunakan BPKB mobil sebagai jaminan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *