Oktober 1, 2023
Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Wajib Disimak Sebelum Membelinya!

Informasi perbedaan sunblock dan sunscreen akan dibahas melalui artikel ini. Anda akan mendapatkan informasi mengenai perbedaan kedua tabir surya tersebut dengan membaca tuntas sampai selesai.

Menggunakan tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari sangatlah penting, apalagi jika anda tinggal di daerah tropis seperti Indonesia. Namun, jenis tabir surya apa yang sebaiknya dipilih, apakah sunscreen atau sunblock?

Apa Perbedaan Antara Sunscreen dan Sunblock?

Penting untuk diketahui bahwa tabir surya dan tabir surya adalah produk pelindung kulit yang berbeda. Berikut beberapa perbedaan tabir surya dan tabir surya untuk membantu anda memilih produk perawatan kulit yang tepat.

Perbedaan Sunblock dan Sunscreen, Wajib Disimak Sebelum Membelinya!

  1. Cara kerjanya

Perbedaan antara sunscreen dan sunblock adalah cara kerjanya. Sunscreen menembus dan menyerap sinar UV. Sunscreen adalah bahan kimia pelindung kulit yang dapat menembus dan menyerap sinar ultraviolet (UV) sebelum mencapai dan merusak lapisan kulit.

Sedangkan Sunblock adalah lotion yang memantulkan dan menghalangi sinar UV sehingga tidak menembus lapisan kulit.

 

  1. Bahan

Bahan-bahannya juga menjadi pembeda antara sunscreen dan sunblock berikutnya. Ya, tentu sunscreen dan sunblock mengandung zat berbeda yang melindungi kulit dari risiko paparan sinar matahari.

Sunscreen mengandung senyawa kimia yang menyerap sinar UV sebelum mencapai lapisan kulit. Senyawa kimia yang terlibat adalah oxybenzone, avobenzone, oxalate, octocrylene, homosalate, octinoxate, dan para-aminobenzoic acid (PABA).

Namun, beberapa bahan aktif tersebut dapat digunakan untuk orang dengan kondisi kulit tertentu, seperti kulit sensitif, alergi, atau rosacea yang menimbulkan reaksi alergi. Kebanyakan sunblock sekarang mengandung titanium dioksida atau seng oksida (zinc oxide).

 

  1. Perbedaannya adalah dalam hal penggunaan.

Perbedaan ketiga antara sunscreen dan sunblock berkaitan dengan metode pengaplikasiannya. Karena hanya bekerja dengan menyerap sinar UV, sunscreen sebaiknya diaplikasikan dengan cara dioleskan tipis-tipis dan menunggu hingga menyerap.

Ini karena sunscreen hanya bisa bekerja jika terserap ke dalam kulit. Jika anda menggunakan sunblock mereka tidak perlu menunggu lama hingga produk mengeras.

Hal ini karena sunblock bekerja dengan langsung memberikan penghalang pada kulit, sehingga tidak perlu menunggu tabir surya terserap oleh kulit.

 

Itulah perbedaan daripada sunscreen dan sunblock yang sudah anda baca. Jadi sekarang anda tahu bukan pilihan tabir surya mana yang harus anda gunakan?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *