Juni 25, 2024
Return Adalah Keuntungan Bagi Para Investor, Berikut Penjelasan Selengkapnya

Return adalah metrik penting yang perlu diketahui investor. Mengapa demikian.? Tentunya investor yang berinvestasi ingin mencapai return yang tinggi.

Return yang diperoleh seorang investor biasanya berkaitan erat dengan risiko yang diambilnya. Karena alasan ini, ini juga disebut investasi berisiko tinggi dengan return tinggi. Simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Return Adalah Keuntungan Bagi Para Investor, Berikut Penjelasan Selengkapnya

Definisi Return

Return atau yang dikenal dengan return on investment di indonesia adalah rasio yang menunjukkan tingkat return atas aset yang digunakan oleh suatu perusahaan tertentu. Dalam berinvestasi, return investasi ini sangat penting.

Hal ini karena investor biasanya menghitung return on investment atau persentase keuntungan dari suatu investasi berdasarkan laba atau laba kotor dan biaya yang dikeluarkan.

Kemudian, hasil perhitungan return investasi akan menjadi bahan pertimbangan investor untuk menginvestasikan uangnya atau tidak. Jika perhitungan roi menguntungkan, investor akan bersedia menanamkan banyak uang ke dalam perusahaan.

Sebaliknya, jika persentase keuntungannya kecil setelah dihitung, diyakini investor akan aktif membayar uangnya karena tidak ingin menghambur-hamburkan uang.

Return investasi sering digunakan oleh perusahaan untuk mengukurnya dan juga menjadi pertimbangan utama apakah suatu perusahaan akan berkembang atau tidak.

Jenis Return

Ada beberapa jenis return yang perlu anda ketahui sebelum berinvestasi. Berikut penjelasan selengkapnya.

  1. Return aktual

Return aktual adalah return yang diperoleh investor setelah melakukan investasi.

Keuntungan jenis ini berasal dari selisih harga antara dua periode yang digunakan sebagai keuntungan sebenarnya. Perhitungan ini menjadi perkiraan harga untuk menghitung risiko periode berikutnya.

Return aktual biasanya memudahkan investor pemula untuk memperkirakan return investasi di masa depan.

  1. Expected Return

Return yang diharapkan atau expected return adalah harapan atau ekspektasi return investor. Laba yang diharapkan dihitung dengan menghitung ekspektasi berdasarkan tren harga saham pada periode sebelumnya.

Tingkat return ini tidak dapat digunakan sebagai tolok ukur untuk pendapatan di masa depan. Namun, nilai return yang diperoleh dapat dianggap sebagai return rata-rata jangka panjang.

Keuntungan dari jenis pendapatan ini biasanya diperoleh dari investasi di emiten masa depan. Nilainya ditentukan oleh sejumlah faktor, termasuk prospek masa depan perusahaan.

  1. Abnormal Return

Abnormal return mengacu pada situasi dimana keuntungan atau kerugian yang sangat besar terjadi dalam satu periode investasi. Nilainya biasanya sangat besar dibandingkan dengan tingkat return yang diharapkan.

Abnormal return disebabkan oleh kejadian signifikan yang menciptakan sentimen yang berdampak signifikan terhadap pergerakan harga saham.

  1. Absolute Reutrn

Nilai return yang bisa diperoleh setelah lewatnya jangka waktu investasi pada titik tertentu disebut absolute return. Return ini bisa berupa keuntungan atau kerugian.

Faktor yang Mempengaruhi Return

Ketika anda melakukan investasi, pasti ada banyak faktor yang mempengaruhi besarnya return yang akan anda dapatkan.

Berikut adalah beberapa faktor yang mempengaruhi return yang didapat investor.

 

  1. Suku bunga

Ketika suku bunga naik, nilai sekarang dari pendapatan masa depan menurun. Situasi ini juga menyebabkan turunnya harga saham di pasar modal.

  1. Inflasi ekonomi

Inflasi yang tinggi meningkatkan kebutuhan untuk menginvestasikan uang karena harga yang lebih tinggi.

  1. Kurs

Nilai tukar disini menunjukkan kekuatan nilai mata uang suatu negara dan nilai mata uang asing. Semakin tinggi nilai mata uang, semakin tinggi return investasi dan sebaliknya.

  1. Risiko likuiditas

Risiko likuiditas dikaitkan dengan pasar sekunder perdagangan saham.Oleh karena itu, penjualan atau pembelian aset investasi likuid dapat diselesaikan dengan cepat tanpa mengubah harga.

  1. Risiko pasar

Semakin baik kondisi pasar modal, semakin tinggi return yang bisa anda dapatkan. Di sisi lain, jika pasar modal memburuk maka return yang diperoleh juga akan menurun.

Keuntungan P2P Lending, Salah Satunya Akseleran

Akseleran adalah platform pinjaman online atau P2P Lending yang dapat menghubungkan debitur dan kreditur, baik individu maupun bisnis. Fasilitas percepatan dapat diperoleh tanpa agunan untuk meringankan beban peminjam.

Kemudian cara mengajukan pinjaman di Akseleran dapatĀ  diselesaikan secara online dalam waktu singkat. Debitur dapat mengajukan pinjaman melalui mitra akselerator dengan limit sangat tinggi mulai dari Rp1.000.000 hingga Rp2 miliar.

Platform crowdfunding fintech dapat membantu anda mencapai tujuan penggalangan dana dengan cepat dan mudah.

Peluang untuk berinvestasi di Akseleran juga sangat besar, karena ada keuntungan bersama sebagai lender atau financier.

Percepatan tidak hanya secara langsung menghubungkan pemberi lender atau pemberi dana tetapi juga borrower atau peminjam, memfasilitasi pengumpulan jumlah target.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *